Maslaha Ultra Cool di Majalah Franchise

  • Administrator
  • |
  • May 23, 2018

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya di Bulan Desember 2017, Maslaha Ultra Cool memasang iklan di Majalah Franchise. Salah satu syarat untuk memasang iklan di Majalah Franchise adalah menjawab wawancara dari mereka untuk memastikan apakah perusahaan kami kredibel atau tidak. Berikut adalah kutipan dari wawancara yang dilakukan oleh tim Majalah Franchise terhadap Agus Widarba ( Direktur Operasional ) dan Bangkit Dadang R. Suherman ( Direktur R&D ) :

F ( Majalah Franchise )

M ( Maslaha Ultra Cool )

F  : Kapan Ultra Cool berdiri? Bagaimana sejarah berdirinya usaha ini?

M : Ultracool adalah brand kami, kami melakukan riset kurang lebih selama 4 tahun dan pada awal setelah selesai riset, kami namakan teknologi kami MASLAHA, diambil dari bahasa Arab yang artinya MANFAAT. Formula ini terdiri dari 8 senyawa kimia yang berfungsi sebagai pengganti es batu untuk mengawetkan dan membekukan ikan dan daging tanpa listrik. Seiring berjalannya waktu, pada awal tahun 2016 mulailah MASLAHA diproduksi massal dan dikomersilkan dengan nama awal MASLAHA-JELL99. Nama MASLAHA-JELL99 hanya berselang 4 bulan dan diganti menjadi Maslaha Ultra Cool. Adapun Ultra Cool biasa orang menyebut Ice Pack, namun formula kami berbeda dari Ice Pack yang lain dan sudah kami patenkan, baik Nasional maupun Internasional. 

Lahirnya maslaha Ultra Cool berawal dari keprihatinan tentang keterbatasan listrik pada sebagian daerah di indonesia, penggunaan bahan pengawet yg berbahaya seperti formalin dan borax, ketersediaan es batu bagi para pelaku UMKM bidang perikanan, daging ayam dan pedagang es krim keliling, baik itu untuk penyimpanan maupun untuk pengiriman barang. 

Salah satu pencetus ide pembuatan Ultra Cool ini adalah pelaku UMKM di bidang pengiriman dan supply karkas ayam ke beberapa gerai pasar modern. Ketika melakukan pengiriman jarak jauh, sering mengalami kerugian dikarenakan kondisi karkas ayam yang berada dibawah standard mutu pasar modern dan akhirnya ditolak. Hal ini menjadi pemikiran kami bahwa ternyata keberadaan alat pendingin selain es batu sangat vital peranannya. Pun dari sisi kualitas, sebenarnya penggunaan es batu bagi pengawetan ikan dan daging ayam itu kurang baik. Dari keprihatinan itulan kami mencoba untuk mencari alternatif pengganti es batu yang murah, namun kualitas ikan dan daging menjadi dapat lebih baik.

F : Bergerak dalam bidang apa?

M : Perusahaan kami bergerak dalam bidang produksi gel pendingin sebagai ganti fungsi es batu untuk mengawetkan ikan, daging, es krim, frozen food dan bahan pangan lain tanpa harus menggunakan listrik.

Selain itu, teknologi ini sebagai booster untk membantu mempercepat pembekuan ikan, daging, dan lain sebagainya 2x lebih cepat dari cara konvensional. Pembekuan ini biasanya  digunakan oleh pengusaha dan pengepul ikan, ayam, dan lain sebagainya untuk proses pematangaan atau pemasakan ikan di dalam cold storage, hingga mendapatkan hasil processing jadi 2x lipat dari biasanya dengan hasil yang lebih berkualitas. Teknologi ini terbukti sudah banyak dipakai untuk processing keperluan ekspor,  membuat investasi jauh lebih murah dari biasanya dan otomatis bisa memotong biaya tenaga kerja dan listrik.

Teknologi ini kami kemas menjadi beberapa varian, yaitu :

1. Sachet 300 grm

2. Mini 375 grm

3. Lekuk / Curve 475 grm

4. Regular 500grm

5. Medium 670 grm

6.     Jumbo 1600 grm

F : Apa alasan anda mendirikan bisnis ini?

M : Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, alasan kami mendirikan perusahaan ini adalah karena kami ingin membantu para pelaku usaha kecil dan mikro, khususnya pelaku usaha bidang perikanan, perdagangan daging, bidang usaha es krim, pengiriman vaksin dan obat obatan agar biaya yang mereka gunakan untuk mengawetkam objek bisnis mereka menjadi jauh lebih murah tetapi dengan kualitas yang lebih baik. Kami juga ingin membantu mereka untuk meningkatkan produksi dangan hasil yg lebih berkualitas, mengurangi penggunaan bahan pengawet berbahaya seperti formalin dan borax, sampai dengan membuat kualitas paska tangkap ikan di Indonesia jauh lebih baik sehingga mendorong nilai tambah untuk ekspor.

F : Siapa segmen pasar anda? Mengapa mengambil segmen pasar tersebut?

M : Segmen pasar kami sangat luas, mulai dari pedagang ikan, Pelaku jasa kargo, ekspedisi dan logistik, Supplyer / pengepul ikan, Pedagang dan pengepul daging, Rumah tangga, Pelaku usaha es krim, Pelaku usaha frozen food, Pelaku usaha Gelato, Catering, Rumah makan dan Hotel, Dokter, Bidan, Puskesmas dan rumah sakit (untuk pengiriman obat dan vaksin), Baby shop (untuk mengawetkan ASI), Mini market / swalayan (untuk menghemat energi freezer display daging dan ikan), Pabrik / produsen es batu.

Segmen pasar tersebut membutuhkan teknologi penghemat untuk membantu kegiatan usaha mereka dan sesuai dengan hasil peneitian pengguna teknologi kami, mereka mampu menghemat biaya hingga 70% untuk mengawetkan objek usaha mereka.

F : Dimana gerai pertama berdiri? Bagaimana respon pasarnya saat itu?

M : Di Yogyakarta, pada awalnya respon dari pasar tidak seperti yang diharapkan, karena pada awalnya kami harus memberikan penjelasan dan edukasi tentang manfaat yang bisa didapat jika menggunakan teknologi Ultra Cool. Seiring perjalan waktu, sekarang sudah banyak pengguna dan reseller ataupun distibutor yg tersebar dari Aceh hingga Papua. Sampai saat ini permintaan agen atau distributor selalu ada dan kami berikan jika sesuai dengan visi misi kami.

F : Konsep peluang bisnis Ultra Cool sendiri seperti apa? Jelaskan! Mengapa anda memilih konsep bisnis seperti itu?

M : Konsepnya adalah “distributor” dengan berbagai program marketing dan keuntungan bagi mitra dan sales mitra, sehingga memungkinkan semua pihak diuntungkan, baik distributor maupun sales distributor. Ada beberapa jenis area dan kategori distributor, yaitu :

1. Distributor tingkat kabupaten/kota

2. Distributor wilayah (gabungan beberapa kabupaten/kota)

 

3. Distributor provinsi

F : Apa keunggulan dari Ultra Cool?

M : Ada banyak keunggulan dari produk kami, mulai dari biaya investasi yang relatif murah, mampu menghemat penggunaan listrik hingga 70%, menjadikan kualitas objek yang didinginkan menjadi lebih baik, mampu bertahan hingga 6 hari tanpa listrik ( dalam kondisi tertentu ), reusable hingga 2 tahun, mempunyai paten Internasional, mendapat sertifikasi halal dari MUI, mendapat sertifikasi hasil uji lab IPB dan termasuk dalam golongan Food Grade, sehingga aman untuk didekatkan dengan bahan pangan.

F : Apa yang membedakan Maslaha Ultra Cool dengan produk yang lain?

M : Perbedaan utamanya ada pada harga yang jauh lebih murah namun dengan kualitas yang baik, terbukti dari adanya sertifikat dari lab IPB, food grade, paten Internasional dan sertifikasi halal MUI. Maslaha Ultra Cool juga mempunyai varian yang banyak, bisa sampai membekukan tidak hanya sekedar mendinginkan dan mempunyai penyerapan energi sampai dengan -30 derajat celcius.

F : Bagaimana persaingan di bisnis ini sekarang? Apa strategi yang anda gunakan untuk menghadapi kompetitor?

M : Persaingan di bisnis ini cukup ketat dengan adanya produk impor dan lokal. Perbedaan mendasar dengan produk lokal adalah tidak ada kejelasan siapa yang produksi, dimana produksinya, legalitas produsen, hingga jaminan halal dari MUI dan hasil uji lab. Strategi kami sementara ini adalah mengutamakan kualitas produk dengan adanya  jaminan teknologi yang lebih teruji dan dapat dipertanggungjawabkan baik secara ilmiah maupun secara hukum.

F : Sejauh ini bagaimana kinerja Ultra Cool? Sudah memiliki berapa gerai? Dimana saja?

M : Kinerja Ultra Cool sejauh ini sangat sempurna bahkan diluar ekspektasi. Kami sekarang sudah mempunyai gerai di beberapa daerah, seperti Solo, Surabaya, Manado, Ternate, Samarinda, Balikpapan, Cilacap, Jakarta, Jawa Barat, Medan, Aceh, Palembang, Bukit Tinggi, Gorontalo, Makassar dan Bali. Kami pun masih terus membuka kesempatan untuk rekanan di seluruh indonesia, bahkan di daerah/wilayah yang sudah ada gerainya sekalipun, kami tidak menutup kemungkinan untuk menerima gerai baru dengan status dan kondisi yang berbeda.

F : Bagaimana potensi bisnisnya kedepan? Besarkah potensi pasarnya? Mengapa?

M : Peluang ke depan sangat besar dan sangat terbuka, karena sepanjang manusia membutuhkan teknologi pembekuan, pendingin atau penyegar, sepanjang itu pula Ultra Cool dicari.

banner___ultra-cool-sachet__5b51359c8f12c__80.jpg
Fungsi Maslaha Ultra Cool Kemasan Sachet
banner___ice-pack-ice-gel-ice-gel-pack-blue-ice-pack-ice-gell__5af55e46d7493__80.jpg
Proses Produksi dan Distribusi Ice Gel
banner___maslaha-ultra-cool-ice-pack-ice-gel-ultra-cool-blue-ice-gel-ice-gel-indonesia-ice-gel-jogja-ice-gel-surabaya-majalah-franchise__5b07814ec97a7__80.jpg
Maslaha Ultra Cool di Majalah Franchise
banner___maslaha-ultra-cool-ice-pack-ice-gel-ultra-cool-blue-ice-gel-ice-gel-indonesia-ice-gel-jogja-ice-gel-surabaya-majalah-franchise__5b31c1a2a4f63__80.jpg
Mengapa harus memakai produk Maslaha Ultra Cool